Tujuan Evaluasi Pendidikan Islam

Posted by

Pendidikan Islam secara rasional-filosofis adalah bertujuan untuk membentuk al-insan al-kamil atau manusia paripurna. Beranjak dari konsep ini, pendidikan Islam hendaknya diarahkan pada dua dimensi, yaitu : pertama, dimensi dialektikal horizontal. Kedua, dimensi ketundukan vertical.
Pada dimensi, dialektikal horizontal pendidikan hendaknya dapat mengembangkan pemahaman tentang kehidupan konkrit yang terkait dengan diri, sesame manusia dan alam semesta. Untuk itu, akumulasi berbagai pengetahuan, keterampilan dan sikap mental merupakan bekal utama dalam hubungannya dengan pemahaman tentang kehidupan konkrit tersebut. sedangkan pada dimensi kedua, pendidikan sains dan teknologi, selain  menjadi alat untuk memanfaatkan, memelihara dan melestarikan sumber daya alami, juga hendaknya menjadi jembatan dalam mencapai hubungan yang abadi dengan Sang Pencipta, Allah SWT. Untuk itu pelaksanaan ibadah dalam arti seluas-luasnya, adalah merupakan sarana yang dapat menghantarkan manusia kea rah ketundukan vertical kepada Allah SWT.
Secara umum tujuan dan fungsi evaluasi pendidikan Islam di arahkan pada dua dimensi di atas. Apakah pendidikan Islam telah berhasil menggarap secara integral kedua dimensi tersebut dalam prakteknya dilapangan? Sejauh mana pencapaian yang telah diperoleh pendidikan Islam dalam kaitannya dengan pembentukan al-insan al-kamil? Kendala apa saja yang dihadapi dalam proses kependiidkan Islam untuk mencapai tujuannya? Jawaban terhadap pertanyaan tersebut hendaknya terungkap melalui proses evaluasi yang dilakukan terhadap pendidikan Islam. Kesemua ini merupakan tujuan umum pelaksanaan evaluasi dalam pendidikan Islam.
Secara khusus, tujuan pelaksanaan evaluasi dalam pendidikan Islam adalah untuk mengetahui kadar pemilihan dan pemahaman peserta didik terhadap materi pelajaran, baik dalam aspek kognitif, psikomotorik maupun afektif. Sebagai tindak lanjut dari tujuan ini adalah untuk mengetahui siapa di antara peserta didik yang cerdas dan yang lemah. Implikasi dari konsep ini adalah adanya pemilahan perhatian terhadap peserta didik, antara yang lemah diberi perhatian khusus agar ia dapat mengejar dan memenuhi kekurangannya, sedangkan kepada yang cerdas diberikan pengayaan agar ia terus meningkatkan kemampuannya kea rah yang lebih baik lagi. Kemudian tujuan evaluasi dalam pendiidkan Islam adalah untuk menilai pendiidk, yaitu sejauh mana ia telah bersungguh-sungguh dalam menajalankan tugasnya untuk mencapai pendidikan Islam.
Fungsi evaluasi adalah membantu peserta didik agar ia dapat mengubah atau mengembangkan tingkah lakunya secara sadar, serta member bantuan kepadanya cara meraih suatu kepuasaan bila berbuat sebagaimana mestinya. Disamping itu, fungsi evaluasi juga dapat membantu seorang pendidik dalam mempertimbangkan adequate (cukup memadai) metode pengajaran serta membantu dan mempertimbangkan administrasinya


Blog, Updated at: 03.58

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Terbaru

get this widget here